Mitologi Jepang dalam Cerita Komik Naruto, Cara Jepang Menduniakan Budayanya, Indonesia?

Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah tahu kalau sebagian dari kisah Naruto mengambil latar belakang mitologi Jepang, yup..! cerita tentang Biju seperti Kyubi, Ichibim Nibi dan lain sebagainya memang didasari oleh mitologi Jepang. Kamu pasti masih ingat dengan jurus-jurus yang dimiliki oleh Itachi yaitu tsukiyomi, amaterasu, dan susanoo... nah ternyata ketiga jurus itu juga diambil dari mitologi Jepang yaitu nama Dewa-Dewa tertinggi mereka.

Selain itu ada juga beberapa tokoh yang diambil dari mitologi tersebut, seperti Jiraya yang diambil dari tokoh mitologi yang bernama Jiraiya Goketsu Monogatari, Orochimaru, Tsunade, Sarutobi, Kusanagi Sword dan masih banyak lagi. Nah penasaran kan?

Mitologi Tsukiyomi, Amaterasu dan Susanoo.

Dalam kisah Naruto, tsukiyomi, amaterasu dan susanoo adalah nama-nama Jutsu yang dimiliki oleh Itachi, tsukiyomi adalah genjutsu tingkat tinggi, amaterasu merupakan ninjutsu yang dapat mengeluarkan api berwarna hitam dan tidak bisa padam (black flame), sedangkan susanoo adalah ultimate shield sekaligus jutsu serangan yang mematikan, namun dalam mitologi Jepang tsukiyomi, amaterasi dan susanoo merupakan nama 3 Kami (Dewa) yang tak lepas dari mitologi penciptaan dunia.

Dunia berawal dari Takamanohara, disanalah lahir berbagai Dewa-Dewa seperti Kotoamatsukami dan Kaminoyonanayo. Sedangkan Kami yang lahir paling akhir adalah dua bersaudara Izanagi (Izanaki) dan Izanami.

Dikisahkan kemudian Izanagi dan Izanami turun ke Ashihara no Nakatsu Kuni, mereka kemudian menikah dan akhirnya melahirkan pulau-pulau yang kini dikenal sebagai daratan Jepang yang disebut Yashima. Namun setelah melahirkan berbagai Dewa, Izanami tewas akibat luka bakar saat melahirkan Kagutsuchi (Dewa api), Izanagi pun kemudian membunuh Kagutsuchi. Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanagi pergi ke negeri Yomi untuk mencari dan menyelamatkan Izanami. Namun Setelah berada di negeri Yomi, ternyata wujud Izanami berubah menjadi menakutkan sehingga Izanagi yang melihat sosok Izanami pun menjadi lari ketakutan.

Izanagi menjalani misogi (mandi) karena tidak suka dengan kekotoran (kegare) yang terbawa dari Yomi. Ketika melakukan misogi, Izanagi melahirkan pula sejumlah Kami, saat mencuci mata kiri terlahir Amaterasu (Dewa matahari, penguasa Takamanohara), saat mencuci mata kanan terlahir Tsukuyomi (Dewa bulan, penguasa malam), dan saat mencuci hidung lahir Susanoo (penguasa samudra). Ketiga Kami ini disebut Mihashira no Uzu no Miko, dan menerima perintah dari Izanagi untuk menguasai dunia.

Susanoo ingin pergi ke tempat Izanami di Ne no Kuni dan berteriak-teriak menangis hingga membuat kerusakan luar biasa di langit dan bumi. Susanoo akhirnya pergi naik ke Takamanohara yang diperintah Amaterasu. Kedatangan Susanoo salah dimengerti, Amaterasu menyangka Susanoo datang untuk merebut Takamanohara. Susanoo disambut Amaterasu dengan busur dan anak panah. Agar kecurigaan Amaterasu terhapus, dari setiap benda yang menempel di badan Susanoo lahir Kami yang jenis kelaminnya membuktikan kemurnian tubuh Susanoo. Amaterasu pun percaya dan mengizinkan Susanoo berada di Takamanohara. Namun Di sana Susanoo membuat keonaran lagi sampai Amaterasu bersembunyi di dalam gua Ama no Iwato. Amaterasu adalah dewa matahari, sehingga matahari tidak terbit selama Amaterasu bersembunyi. Para kami di Takamanohara menjadi susah hati. Amaterasu akhirnya keluar dari dalam gua setelah berhasil dikelabui. Susanoo yang sering membuat onar akhirnya diusir ke dunia bawah.

Susanno turun ke negeri Izumo. Setelah berhasil membunuh monster Yamata no Orochi yang suka merusak, Susanoo menikah dengan putri Kunitsukami. Cucu keturunan Susanoo bernama Ookuninushi menikah dengan putri Susanoo dan membangun negeri Sukunahikona dan Ashihara no Nakatsukuni. Menurut penjelasan nama tempat yang ada di buku Fudoki negeri Izumo, lokasi pembasmian Yamata no Orochi ada di distrik Ou (sekarang kota Yasugi, Prefektur Shimane), tapi bukan Susanoo yang menjadi pahlawan, melainkan Oonamuchi (Ookuninushi).

Yamata no Orochi

Masih ingat dengan monster ular yang memiliki 8 kepala dan 8 ekor yang keluar dari tubuh Sasuke ketika dia bertarung melawan Itachi? Nah dalam mitologi Jepang, monster tersebut adalah Bijuu ekor 8 yang lebih dikenal sebagai Yamata no Orochi. Dalam mitologi Jepang, Yamata no Orochi digambarkan sebagai sosok ular (naga) yang memiliki 8 ekor dan 8 kepala, matanya berwarna merah dan memiliki kekuatan jahat dari dunia iblis, setiap kepala dari Yamata no Orochi melambangkan jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian

Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya didalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan Bijuu yang lain, dan menjadi arogan. Orochi mengalahkan banyak Bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi (rubah ekor 9).

Yamata no Orochi pun akhirnya berhasil dibantai oleh Susanoo sang Dewa Samudra dan pedang Kusanagi berhasil dikeluarkan dari ekornya, dalam cerita Naruto juga dikisahkan monster 8 kepala dan 8 ekor yang muncul dari tubuh Naruto dibantai oleh Jutsu dari Itachi yaitu Susanoo.

Jiraia, Tsunade, Orochimaru

Ternyata tokoh Jiraia, Tsunade dan Orochimaru tidak hanya ada di dalam kisah Naruto, tetapi juga dalam mitologi Jepang terdapat 3 nama tokoh ini. seperti dalam serial anime Naruto kalian pasti bisa menebak mana tokoh antagonisnya..?? yuup...!! Bener banget, Orochimaru! Ternyata nih orang dimana-mana selalu jadi antagonis...^^

Jiraia (dalam bahasa inggrisnya young thunder dalam bahasa indonesianya artikan sendiri ya...) merupakan tokoh utama dalam mitologi Jepang Jiraiya Goketsu Monogatari (kisah Jiraia sang pemberani) adalah seorang ninja (ya ninja....) yang menguasai sihir perubah wujud, sihir ini dapat membuat dirinya berubah wujud menjadi seekor katak raksasa (yah seperti Gamabunta kali ya?). Jiraia merupakan seorang ahli waris dari sebuah klan terkuat di Kyusu.

Dikisahkan Jiraia jatuh cinta dengan Tsunade, seorang puteri muda yang menguasai sihir siput (di kemudian hari Tsunade akhirnya menjadi istrinya Jiraia), sedangkan musuh bebuyutan dari Jiraia ini adalah Orochimaru yang notabene adalah mantan pengikut Jiraia yang berkhianat, seperti dalam kisah Naruto Orochimaru menguasai sihir ular.

Nama asli dari Orochimaru adalah Yashagorō dulunya dia adalah pengikut Jiraia yang sangat setia, namun setelah dia menguasai sihir naga dia berbalik menjadi penghianat. Jika Jiraia dapat mengubah dirinya menjadi seekor katak raksasa maka setelah menguasai sihir naga Orochimaru dapat mengubah dirinya menjadi seekor ular raksasa (naga)

Orochimaru kemudian menyerang Jiraia dan istrinya, dengan menggunakan racun yang mematikan akhirnya Orochimaru dapat mengalahkan mereka tapi untung saja nyawa keduanya dapat diselamatkan oleh pengikut-pengikutnya yang masih setia. Mama Orochi juga digunakan untuk menyebut makhluk legenda Jepang yang berbentuk ular dengan 8 kepala dan 8 ekor (Yamata no Orochi)

sumber

Sepuluh Mitos Asal-Usul Umat Manusia

Komunitas internasional menciptakan berbagai mitostentang sumber asal usul umat manusia. Pada 9 April 2008 lalu, menurutlaporan website iptek Amerika, sebuah film baru "Expelled: NoIntelligence Allowed" ditayangkan di Amerika. Hal ini membuat teoriEvolusi Darwin semakin ditinggalkan, dan teori tentang penciptaan makinmendapat tempat di Amerika.

Film "Expelled: No Intelligence Allowed" ini begituditayangkan sudah mendapat reaksi dan perdebatan dari para ilmuwan.Beberapa ilmuwan mengkritik pengusaha pembuat film berusahamenghubungkan antara teori Evolusi Darwin dengan Hitler. Di antaranyaada seorang ilmuwan terkenal yang muncul dalam film tersebut megatakanfilm tersebut adalah jiplakan dan bahaya, tidak ada nilai seninya.

Sesungguhnya,dalam kebudayaan umat manusia nan lama dan panjang, orang zaman dulumenganggap evolusi asal usul manusia dan pembentukan alam semesta adasuatu perasaan misterius, sesuatu yang aneh. Masyarakat berbagaipelosok di seluruh dunia menciptakan berbagai macam dongeng tentangasal usul umat manusia. Berikut ini adalah sepuluh mitos tersebut.

Norwegia: Kematian Nenek Moyang Manusia Raksasa Menciptakan Jutaan Materi

Dalammitos Norwegia, sebelum bumi muncul ada dua dunia: "Muspell adalahsebuah tempat cahaya dan panas, api baranya sangat panas, siapa yangbukan asli dari sana tidak akan bisa bertahan. Surt duduk di perbatasanMuspell, menjaga daratan tersebut dengan pedang yang membara. Padaakhir dunia dia akan mengalahkan semua Dewa dan membakar semua duniadengan apinya.

Di luar Muspell terletakkehampaan yang besar dan menguap namanya Ginnungagap, Ginnungagapterletak dalam kegelapan, ruang lingkup dingin dari"Niflheim","Niflheim" adalah sebuah daratan yang dingin dan beku. Es, salju,angin, hujan dan dingin berat terpancar dari Niflheim, ketemu diGinnungagap adalah udara lembut, panas, cahaya dan udara lembut dariMuspell. Ketika dingin dan beku dari Nifheim dan api bara dari Muspellbersentuhan, terjadilah tetesan yang mencair, cairan yang mengalir inibergerak ke nenek moyang manusia raksasa Ymir.

Ymirtidur nyenyak. Di bawah lengan kirinya tumbuh seorang pria dan seorangwanita. Dan salah satu kakinya muncul anak lelaki dan lainnya. Iniadalah awal permulaan dari manusia raksasa yang mencair. Cairan saljutersebut kemudian berubah menjadi sapi raksasa yang disebut Audhumla.empat buah sungai susu mengalir dari putting susunya dan ia memberiminum Ymir. Sapi tersebut menjilat es asin yang beku. Setelah sehari,dia membebaskan rambut seorang pria dari es tersebut. Setelah dua hari,kepalanya muncul, pada hari ketiga seluruh tubuh pria tersebut muncul,namanya Buri, dia tinggi, kuat dan tampan.

Burimempunyai seorang anak laki namanya Bor, Bor menikah dengan Bestla anakperempuan dari manusia raksasa. Bor dan Bestla memiliki tiga anak laki:Odin, Vili dan Ve'. Dipercaya bahwa Odin adalah penguasa langit danbumi. Dia adalah paling besar dan paling popular di antara semua pria.

KetikaYmir jatuh, dari lukanya mengalir darah yang membanjir, hingga semuaraksasa beku cair, kecuali raksasa Bergelmir, dia melarikan diribersama istrinya dengan memanjat ke Lur (sebatang pohon yang kosong didalamnya dan bisa berfungsi sebagai perahu). Dari sana berkembangkeluarga raksasa cair.

Anak laki Bor kemudianmembawa Ymir ke tengah Ginnungagap dan menciptakan dunia darinya. Daridarahnya mereka membuat laut dan danau; dari dagingnya dibuat bumi;dari rambutnya dibuat pepohonan; dan dari tulangnya dibuat gunung.Mereka membuat batu dan kerikil dari gigi dan taring dan tulangya yanghancur.

Dwarfs terjadi dari daging Ymir danmenjadi hidup. Dengan perintah Tuhan mereka mendapatkan pemahamanmanusia dan muncul di antaranya, walaupun mereka hidup di bumi dan dibatu. Dari tenggorak Ymir anak Bor menciptakan langit dan mengaturnyadi atas langit dengan empat penjuru, di setiap penjuru mereka meletakansebuah dwarf, namanya adalah Timur, Barat, Utara dan Selatan. Merekamengambil bintang dan membakar bara api yang terbang melewati setelahmereka meledakan Muspell, dan menempatkan mereka di tengah-tengahGinnungagap untuk memberikan cahaya ke surga dan di bawah bumi.

Merekakemudian menempatkan lokasi bintang tersebut. Bumi dikelilingi olehlaut yang dalam, Anak Bor memberikan daratan dekat laut untuk tempattinggal keluarga raksasa. Untuk melindungi mereka dari musuh raksasa,anak Bor kemudian membuat pegangan pulau dengan menggunakan keningYmir, mereka namakan itu Midgard. Ketika berjalan sepanjang pantai,anak Bor menemukan dua pohon, dia kemudian menciptakan sepasang priadan wanita dari pohon tersebut.

Odin memberispirit dan kehidupan pada pria dan wanita tersebut. Vili memberikanmereka pemahaman dan kekuatan bergerak, Ve' memberikan mereka pakaiandan nama, yang pria disebut Ask (Ash) dan yang wanita disebut Embla(Elm). Dari Ask dan Embla menurunkan ras pria yang hidup di Midgard.

Ditengah dunia ini anak Bor membangun benteng kuat untuk mereka namanyaAsgard, generasi berikutnya disebut Troy. Tuhan dan keluarganya hidupdi Asgard, banyak kejadian-kejadian yang terkenang terjadi di sini. DiAsgard, ada bangunan besar namanya Hlidskjálf. Odin duduk di sana padakursi tinggi. Dari sana dia bisa melihat seluruh dunia dan dapatmelihat apa yang dilakukan setiap orang. Dia memahami semua yangdilihatnya.

Odin menikah dengan Frigg, anak dariFjörgvin. Keluarga ini menjadi semua keluarga yang menghuni di Asgardkuno dan kerajaan tersebut menjadi miliknya. Anggota keluarga inidisebut Ćsir, dan mereka semuanya dewa. Ada alasannya mengapa Odindisebut Bapak dari semuanya. Dia adalah Bapak dari semua Tuhan dan priadari semuanya yang diciptakan oleh kekuatannya. Bumi adalah anakperempuan Odin dan juga istrinya. Mereka punya anak sulung namanyaThor. Karakter Thor berkuasa dan kuat. Dengan ini dia mendominasi semuakehidupan.

Semua orang yang diberitahumengetahui, Tuhan membuat jembatan dari bumi ke surga yang disebutBifröst. Ada yang menyebutnya pelangi. Ia mempunyai tiga warna dansangat kuat, bila dibandingkan dengan struktur lainnya ia dibuat dengankecekatan dan kecerdasan tinggi, namun sangat kuat, ia akan putus bilaanak Muspell menaikinya. Tuhan tidak akan marah bila struktur iniputus. Bifröst adalah jembatan bagus, namun di dunia ini tidak ada yangbisa diandalkan jika anak Muspell sedang berperang. Sangsi dari Tuhanadalah oleh pohon Ash yaitu Yggdrasil. Mereka mengadakan pengadilanharian. Yggdrasil adalah yang paling bagus dan paling agung dari semuapohon. Ranting-rantingnya berkembang ke seluruh dunia dan naik ke atas mencapai surga.

Persia: Mitos Agama Menyembah Api (Zoroastrianism)

Dewapaling tinggi dalam mitos Persia Ahura Mazda menciptakan dunia, AlborzMo , pengunungan Alburz tumbuh 800 tahun akhirnya mencapai langit. Darisana hujan turun dan membentuk laut Vourukasha dan dua sungai utama.Binatang pertama di dunia kerbau putih hidup di pinggir sungai VehRod, namun dewa jahat Persia Angra Mainyu membunuhnya. Bibitnya dibawake bulan dan dimurnikan, terciptalah binatang-binatang dantumbuh-tumbuhan.

Di seberang sungai hidupmanusia pertama, Gayomard bercahaya seperti matahari. Angra Mainyu jugamembunuhnya. Aduh! Matahari memurnikan bibitnya selama 40 tahun,kemudian tumbuh tanaman kelemabak (tanaman dengan tangkai banyak airuntuk dimasak). Tanaman ini tumbuh menjadi Mashya dan Mashyanag, manusia yang pertama. Dalam mitos agama Penyebah Api, pertempuranantara dewa paling tinggi Ahura Mazda dengan dewa jahat Angra Mainyuberlangsung selama 12.000 tahun, dalam 3000 tahun pertama, duniacemerlang Ahura Mazda dan dunia gelap Angra Mainyu bersama-sama eksis,umat manusia paling awal juga digoda dan disesatkan oleh kejahatn dankegelapan.

Angra Mainyu tidak membunuh Mashya danMashyanag seperti membunuh kerbau putih, namun ia menyesatkan merekaagar menyembah dia. Setelah 50 tahun mereka melahirkan sepasang anak,namun dibawah arahan sesat Angra Mainyu sepasang suami istri inimemakan anaknya, hingga berdosa terhadapnya. Setelah itu dewatertinggi Ahura mengembalikan sifat hakiki dari Mashya and Mashyanag,setelah itu makin banyak anak yang lahir, mereka akhirnya menjadimanusia yang paling awal.

Babylon: Dewi Kejahatan Setelah Meninggal Menciptakan Langit dan Bumi

Mitospencipta Babylonian Enuma Elish mulai Dewa air Apsu (segar) dan Tiamat(garam) melahirkan beberapa generasi Dewa langit. Dalam beberapa Dewalangit Ea adalah kakak sulung, di sampingnya ada banyak adik. Namun,Dewa kecil langit yang belum dewasa sangat ribut, hingga Apsu danTiamat tidak bisa tidur, hingga Apsu menyusun rencana untuk membunuhdewa-dewa kecil ini, namun rencana ini bocor, Ea malah duluan bergerakmembunuh Apsu.

Setelah Tiamat tahu, diabersumpah akan membalas dendam, dia menciptakan banyak monster,diantaranya termasuk: anjing gila, manusia kalajengking, manusiasetengah kerbau dan naga raksasa dan sebagainya. Ea dan Dewa Damkinamenciptakan Marduk, Dewa raksasa dengan empat mata dan empat telinga,Marduk menjadi dewa pelindung. Dalam perang jahat antara Marduk danTiamat, Marduk menggunakan sebatang anak panah memanah dan mengenai jantungnya. Dia kemudian menyobek tubuhnya menjadi dua bagian,terciptalah langit dan bumi, setelah itu dia menciptakan umatmanusia, agar manusia kerja keras mengerjakan pekerjaan yang dewatidak ingin lakukan, misalnya: pertanian, telemarketing dan accounting.(belakang ini Marduk muncul di Cartoon Network Sealab 2020!)

Mesir Kuno: Pada Awalnya, Dunia Berada Dalam Kondisi Kacau Balau

Dalammesir kuno banyak cerita mitos penciptaan. Semua dimulai dari adukantak teratur, dewa langit Nu (ataun Nun). Atum mengharapkan diamempunyai roh dan tubuh fisik, setelah itu dia menciptakan sebuah bukitkecil, bila tidak dalam dunia yang kacau-balau dia dia tidak ada tempatuntuk berpijak. Atum adalah dewa yang bukan pria maupun wanita, matanyabisa memandang segala hal. Dari mulutnya dikeluarkan seorang anak, Shuadalah dewa udara; setelah itu dia keluarkan dari mulutnya lagi seoranganak perempuan, Tefnut dewa dari kelembaban. Mereka berdua diberi tugasmengubah kondisi semrawut alam semesta, Shu dan Atum menciptakan Gebdewa bumi dan juga Nut dewa langit, pada mulanya Geb dan Nut berlilitjadi satu, namun Geb berusaha tegak kembali, kemudian secaraperlahan-lahan tatanan dunia baru akhirnya terbentuk, namun Shu dan Gebhilang dalam kegelapan.

Atum mengorek matadirinya untuk mencari Shu dan Geb, akhirnya SHu dan Geb berhasilkembali ke sisi Atum. Atum sangat gembira, sangat terharu hinggameneteskan air mata, setiap tetesan airmatanya jatuh ke bumiterciptalah seorang manusia.

Aztescs di Mesiko Kuno

Dalammitos bangsa ibu dari bumi adalah Aztescs Coatlicue, maksud nama iniadalah "rok ular", dalam mitos dia dilukiskan sangat menakutkan, diamemakai rantai di leher yang dibuat dari tangan manusia dan jantung,roknya dililit oleh ular-ular berbisa. Pada awalnya dalam tubuhnya ibubumi Aztescs kemasukan pisau batu hitam dia jadi hamil dan melahirkandewi bulan Coyolxauhqui, belakangan dia melahirkan 400 orang anaklagi, semua ini menjadi gugus bintang di langit selatan..

Setelahitu dari langit terbang dan turun suatu benda berbentuk bola berbuluungas, Coatlicue menemukan dan menaruh sistem bola ini di pinggangnya,ini membuatnya hamil sekali lagi. Kehamilan ini membuat dewi bulanCoyolxauhqui dan 400 anaknya kaget dan marah besar, namun anak dalamperut Coatlique adalah Huitzilopochtli dewa perang dan matahari, diameloncat keluar dari rahim ibunya, begitu dia keluar badannya sudahpakai baju lapis baja, dengan cepat dia tumbuh jadi dewasa.

Huitzilopochtlidemi menghibur ibunya Coatlicue, dia kemudian menyerang dewi bulanCoyolxauhqui, di bawah bantuan ular api dia kemudian membunuh dewibulan, Huitzilopochtli memenggal kepalanya dan dilemparkan ke langit,kepala ini dalam sekejab berubah menjadi bulan di langit.

China: Pangu Membuka Langit, Nuwa Menciptakan Manusia

Benihtelor alam semesta ngambang dalam ruang dimensi alam yang abadi, diatermasuk dua efek yang saling bertentangan: Yin dan Yang. Setelahbeberapa reinkarnasi, Pangu dilahirkan, bagian yang terpenting dalambenih telor ---- Yin turun menjadi daratan, yang lebih ringan--- Yangmembubung membentuk langit.

Pangu kwatir langitdan bumi menyatu lagi, dia lantas menggunakan tangan dan kakinyamenopang langit dan bumi, dia tiap hari tumbuh sepanjang 10 inch,setelah 18.000 tahun ketinggian langit sudah mencapai 30.000 mil.Setelah tugas Pangu selesai, dia kemudian meninggal, bagian daritubuhnya berubah menjadi materi hakiki alam semesta. Dewi Nuwa menjadisangat sepi, dia kemudian mengambil lumpur dari sungai Huang untukmembuat manusia, dengan begitu manusia pertama muncul, kemudia diapakai ranting pohon dan mengambil lumpur dan melemparnya ke tanah,beberapa titik lumpur kecil berubah menjadi umat manusia.

Jepang: Bumi Adalah Pulau yang Menyendiri

Dewalangit menciptakan dua bersaudara: kakaknya Izanag,i adik perempuanIzanami, mereka berdiri di jembatan mengambang di atas lautan primitif.Menggunakan tombak panjang mutiara dewa mengaduk di laut hinggaterbentuklah pulau pertama Onogoro, di atas pulau ini mereka hidupsebagai suami istri.

Dewa marah kepada merekakarena mengingkari janji, sepasang suami istri ini menggunakan tongkatpanjang mutiara lagi membentik pulau Jepang dan dewa-dewa dalam lautan,namun ketika dewa api Kagutsuchi-no-Kami dilahirkan, Izanami meninggal.Izanagi sangat sedih kemudian dia mengikuti roh Izanami datang keneraka yang dikendalikan Yomi, Izanami makan makanan Yomi dan tidakizinkan reinkarnasi kembali.

Ketika Izanagitiba-tiba melihat jasad Izanami yang mebusuk dia ketakutan danmelarikan diri, roh Izanami sangat marah dan terus mengejar Izanagi.Akhirnya, Izanagi berhasil melarikan diri dan keluar dari lubangneraka, dia kemudian mengikat diri dengan sebuah batu besar, selamanyaberpisah dengan kematian, dia tidak ingin ke neraka lagi.

India: Prisip Alam Semesta dan Langit Brahma

Banyakmitos pencipta terdapat dalam kosmologi Hindu. Dalam bahasa Vedictext, alkitab Rig Veda, dilukiskan mitos Hindu, Dewa yang sangat besarPurusha mempunyai ribuan kepala, mata dan kaki, dia memeluk seluruhbumi, sepuluh jarinya bila diperpanjang dapat menjangkau langit,

Ketikadewa langit memuja Purusha, tubuhnya mengeluarkan minyak mentega yangjernih, minyak ini kemudian berubah menjadi ungas dan binatang.Kemudian tubuh Purusha transformasi menjadi fondasi jutaan makhluk didunia, serta menjadi dewa api Agni, dewa langit serta Indra , juga daritumbuhnya tercipta empat kasta dalam masyarakat India: Brahmana,Bangsawan, ksatria, dan sudra. Menurut perkembangan sejarah terakhir,triniti dari Brahma Pencipta), Vishnu (pemelihara) dan Shiva(penghancur) menyatu ke permukaan. Brahma muncul dalam sebuah lotusyang sedang mekar dari pusat Nishnu yang tidur. Brahma menciptakan alamsemesta, yang akan berakhir satu harinya, atau 4,32 juta tahun.Kemudian Shiva menghancurkan alam semesta dan sikuls dimulai lagi.

Yunani dan Titan

Abadke VIII S.M dalam sajak mitos yang dicatat oleh orang Yunani Hesiod'sTheogony, kondisi semrawut alam semesta primitif mulai dari dewa yangprimitif, termasuk Dewi Gaia (ibu bumi). Gaia menciptakan langit Uranusuntuk menutup dirinya., Uranus adalah Dewa primitive yang palingtinggi, dia adalah evolusi dari langit, anak dan pasangan Dewi Bumi.Uranus mengendalikan langit dan melindungi Gaia, Aai dan Gaiamelahirkan dewa-dewa, kumpulan binatang aneh dan monster, termasukHecatonchires monster dengan 50 kepala dan seratus tangan, dan Cyloped"mata roda", matanya sebesar mata tunggal raksasa sebesar poros roda.

Gaiadan Uranus melahirkan 6 anak laki dan 6 anak perempuan. Uranus sangattidak suka beberapa anak perempuannya yang rupanya mirip dan aneh, makadia mengurungnya di Tartarus (lubang dalam di bawah neraka yang gelaptanpa matahari). Terhadap hal ini, Dewi Bumi Gaia sangat marah, diamemberi sebuah pisau besar ke anak bungsunya Cronus, bahkan memberitahudia rencana membunuh Uranus.

Ketika Uranusmendekati Gaia mencoba bermesraan, anak bungsunya Cronus tiba-tibameloncat keluar dan memotong alat kemaluan Uranus, ketika darah Uranusmengalir di lantai, terciptalah ras manusia raksasa, monster dan dewipembalas dendam.

Dari busa laut yang diaduk olehbuah pelir suci munculah dewa Aphrodite. Kemudian, ayah Cronusgenerasi dewa berikut, ,Zeus dan Olympian.

Agama Yahudi dan agama Kristen: Adam dan Hawa

Dalamagama Yahudi (Perjanjian Lama) dan Alkitab Kristen ,ada dua mitostentang sumber manusia. Kedua mitos ini sampai sekarang dipercayai olehkedua agama tersebut. Dalam cerita pertama, Allah mengatakan, "Biar disinilah terjadi cahaya!" setelah itu cahaya muncul, dalam kurun waktu 6hari, Allah menciptakan langit, daratan, bintang, matahari dan bulan,termasuk manusia dan binatang.

Hari ke-7 Allahistirahat, memandang hasil penciptaannya merasa puas. Dalam ceritamitos yang ke dua, Allah menciptakan manusia pertama di daratan-Adam,Allah menciptakan sebuah taman di Eden untuk Adam agar dia bisa hidupleluasa, namun Allah melarang dia makan buah di atas pohon taman Eden,buah ini datang dari pohon kesadaran baik dan jahat. Kehidupan Adamterlalu sepi, maka Allah mengambil sebatang tulang rusuk dari tubuhAdam dan menciptakan seorang wanita Eve (Hawa). Seekor ular yang bisaberbicara membujuk Adam agar makan buah larangan tersebut, setelah ituEve juga membujuk Adam makan buah larangan tersebut. Setelah Allahmengetahui masalah ini, Adam dan Eve diusir dari taman Eden, agarmereka jadi manusia biasa saja. Mereka hidup di bumi.

Sumber: Special Representative for Parents of Children with Disabilities (RESA)