Izanagi & Izanami: Asal Usul Jepang dalam Komik Naruto
Dalam mitologi Jepang, 2 dewa-dewi Izanagi dan Izanami merupakanpencipta Jepang dan dewa-dewi lainnya. Jadi, merekalah asal usul darisegala sesuatu yang ada di Jepang. Di sebuah mitologi penting diJepang, diceritakan mereka turun ke Yomitsu Kuni, dunia bawah atau disebut juga dunia kegelapan. Cerita tentang Izanagi dan Izanami diceritakan dalam 2 karya: Kojiki (catatan kuno) dan Nihongi (sejarah Jepang).
Menurut legenda, setelah kemunculan mereka, Izanagi dan Izanami berdiridi jembatan yang melayang ke surga dan meributkan laut dengan tombakberhiaskan berlian. Ketika mereka mengangkat tombaknya, butiran-butiranair kembali menjadi air dan membentuk tanah pertama, pulau yang disebutOnogoro. Izanagi dan Izanami turun ke pulau tersebut dan menjadisuami-istri. Anak pertama mereka cacat, dan dewa-dewi lain berkatakalau itu terjadi karena Izanami berbicara dahulu sebelum suaminya saatacara pernikahannya (semacam tradisi Jepang).
Pasangan tersebut kemudian menikah kembali. Izanami melahirkan 8 anak,yang kemudian menjadi pulau-pulau di Jepang. Izanagi dan Izanami jugamenciptakan banyak dewa dewi yang melambangkan gunung, lembah, airterjun, sungai, angin, dan kenampakan alam lainnya. Tetapi saatkelahiran Kagutsuchi, sang dewa api, Izanami terbakar.
Ketika Izanami meninggal, Izanami pergi ke Yomitsu Kuni. Izanagimemutuskan untuk turun ke Yomitsu Kuni dan menyelamatkan belahanjiwanya dari dunia kematian tersebut. Ketika mendekati gerbang Yomi,Izanami menyambut Izanagi dari bayang-bayang. Izanami memperingatkanagar Izanagi tidak melihat dirinya dan berkata bahwa ia akanmerencanakan pelariannya dari Yomi (dewa Yomitsu Kuni). Karena sangatmerindukan istrinya, Izanagi menyalakan obor untuk mencari Yomi, tetapiia sangat kaget ketika melihat bahwa Izanami sudah menjadi mayat busuk.Tak tahan melihatnya, Izanagi kabur.
Izanami marah, lalu ia mengirim setan-setan wanita, 8 dewa petir, dansepasukan tentara menakutkan untuk mengejar Izanagi. Izanagi berusahakeluar dan memblokir jalan antara Yomi dan tanah kehidupan dengan batubesar. Izanagi dan Izanami bertemu di sana dan mereka bercerai.
Izanagi merasa dirinya tidak suci setelah berkontak dengan duniakematian. Karena itu, dia mandi utnuk menyucikan dirinya kembali.Sejumlah dewa-dewi, baik jahat maupun baik, muncul dari pakaian yangdibuang oleh Izanagi. Dewi matahari Amaterasu muncul dari mata kirinya,dewa bulan Tsukiyomi dari mata kanannya, dan Susano-o dari hidungnya.Lalu, Izanagi membagikan kerajaannya kepada 3 anak kebanggaannya.
DARI WIKIPEDIA
Folklor yang sekarang disebut mitologi Jepang, hampir seluruhnya berdasarkan cerita yang terdapat dalam Kojiki, Nihonshoki, dan Fudoki dari berbagai provinsi di Jepang. Dalam kata lain, mitologi Jepang sebagian besar berkisar pada berbagai kami penghuni Takamanohara (Takaamahara, atau Takamagahara), dan hanya sedikit sumber literatur tertulis yang dapat dijadikan rujukan.
Di zaman kuno, setiap daerah di Jepang diperkirakan memiliki sejenis kepercayaan dalam berbagai bentuk dan folklor. Bersamaan dengan meluasnya kekuasaan Kekaisaran Yamato, berbagai macam kepercayaan diadaptasi menjadi Kunitsugamiatau "dewa yang dipuja" yang bentuknya menjadi hampir seragam, dansemuanya dikumpulkan ke dalam "mitologi Takamanohara". Sementara itu,wilayah dan penduduk yang sampai di abad berikutnya tidak dikuasaiKekaisaran Yamato atau pemerintah pusat Jepang yang lain, seperti Suku Ainu dan orang Kepulauan Ryūkyū masing-masing juga memiliki mitologi sendiri.
Di abad pertengahan berkembang mitologi Jepang abad pertengahan (Chūsei Nihongi) dengan isi yang berbeda dari mitologi sebelumnya. Mitologi Jepang abad pertengahan tetap berpedoman pada Nihonshokitapi dikembangkan hingga menjadi sangat berbeda dengan versi aslinya.Mitologi Jepang abad pertengahan ditemukan dalam epik perang seperti Taiheiki, buku penggubahan syair dan anotasinya, serta berbagai Engi (buku catatan asal-usul dan sejarah milik kuil agama Buddha dan Shinto).
Dalam mitologi Jepang abad pertengahan, berbagai kami dalam Kojiki dan Nihonshoki berdasarkan teori Honji suijakudikenali sebagai perwujudan sementara para Buddha dan Bodhisattva ataudianggap sejajar. Selain itu, mitologi Jepang abad pertengahanbercampur dengan unsur-unsur yang diambil dari seni dan cerita rakyat,mitologi berbagai daerah, serta menampilkan tingkat kedewaan danbenda-benda yang tidak ada di dalam Kojiki dan Nihonshoki.
Di pertengahan zaman Edo, Motoori Norinaga menulis buku berjudul Kojiki-den dengan maksud melakukan interpretasi isi Kojiki hingga tuntas. Buku ini menyebabkan sumber utama mitologi Jepang bergeser dari Nihonshoki menjadi Kojiki dan keadaan ini bertahan hingga sekarang.
Penciptaan dunia
Dunia berawal di Takamanohara, di sana lahir berbagai kami seperti Kotoamatsukami dan Kaminoyonanayo. Kami yang lahir paling akhir adalah dua bersaudara Izanagi (Izanaki) dan Izanami
Izanagi dan Izanami
Izanagi dan Izanami turun di Ashihara no Nakatsu Kuni, menikah, dan berturut-turut melahirkan pulau-pulau yang membentuk kepulauan Jepang yang disebut Yashima. Setelah melahirkan berbagai kami, Izanami tewas akibat luka bakar saat melahirkan Kagutsuchi (dewa api). Setelah membunuh Kagutsuchi, Izanagi pergi ke negeri Yomiuntuk mencari dan menyelamatkan Izanami. Setelah berada di negeri Yomi,wujud Izanami berubah menjadi menakutkan. Izanagi yang melihat sosokIzanami menjadi lari ketakutan.
Izanagi menjalani misogi (mandi) karena tidak suka dengan kekotoran (kegare) yang terbawa dari Yomi. Ketika melakukan misogi, Izanagi melahirkan pula sejumlah kami, saat mencuci mata kiri terlahir Amaterasu (dewa matahari, penguasa Takamanohara), saat mencuci mata kanan terlahir Tsukuyomi (dewa bulan, penguasa malam), dan saat mencuci hidung lahir Susanoo (penguasa samudra). Ketiga kami ini disebut Mihashira no Uzu no Miko, dan menerima perintah dari Izanagi untuk menguasai dunia.
Amaterasu dan Susanoo
Susanoo ingin pergi ke tempat Izanami di Ne no Kunidan berteriak-teriak menangis hingga membuat kerusakan luar biasa dilangit dan bumi. Susanoo akhirnya pergi naik ke Takamanohara yangdiperintah Amaterasu. Kedatangan Susanoo salah dimengerti, Amaterasumenyangka Susanoo datang untuk merebut Takamanohara. Susanoo disambutAmaterasu dengan busur dan anak panah. Agar kecurigaan Amaterasu terhapus, dari setiap benda yang menempel di badan Susanoo lahir kamiyang jenis kelaminnya membuktikan kemurnian tubuh Susanoo. Amaterasupercaya dan mengizinkan Susanoo berada di Takamanohara. Di sana Susanoomembuat keonaran lagi sampai Amaterasu bersembunyi di dalam gua Ama no Iwato. Amaterasu adalah dewa matahari, sehingga matahari tidak terbit selama Amaterasu bersembunyi. Para kamidi Takamanohara menjadi susah hati. Amaterasu akhirnya keluar daridalam gua setelah dikelabui. Susanoo yang sering membuat susah akhirnyadiusir ke dunia bawah.
Legenda Izumo
Susanno turun ke negeri Izumo. Setelah berhasil membunuh monster Yamata no Orochi yang suka merusak, Susanoo menikah dengan putri Kunitsukami. Cucu keturunan Susanoo bernama Ookuninushi menikah dengan putri Susanoo dan membangun negeri Sukunahikona dan Ashihara no Nakatsukuni. Menurut penjelasan nama tempat yang ada di buku Fudoki negeri Izumo, lokasi pembasmian Yamata no Orochi ada di distrik Ou (sekarang kota Yasugi, Prefektur Shimane), tapi bukan Susanoo yang menjadi pahlawan, melainkan Oonamuchi (Ookuninushi).
Penaklukan Ashihara no Nakatsu
Sementara itu, Amaterasu dan para kami (Amatsukami) di Takamanohara menyatakan negeri Ashihara no Nakatsu no Kuni (Izumo) harus diperintah Amatsukami atau cucu keturunan Amaterasu. Sejumlah kami dikirim ke Izumo untuk mewujudkan keinginan ini. Setelah dua anak Ookuninushi, Kotoshironushi dan Takeminakatamenitis ke Amatsukami, Ookuninushi berjanji untuk memberikan negeriIzumo dengan syarat dibangunkan sebuah istana. Istana ini nantinyadisebut Izumo Taisha.
Ninigi yang merupakan cucu Amaterasu menerima Ashihara no Nakatsu. Ninigi turun ke negeri Hyūga dan kemudian menikahi Putri Konohanasakuya.
Kisah Hoori dan Hoderi
Ninigi memiliki dua putera, Hoori dan Hoderi.Mata pancing milik Hoderi dihilangkan Hoori sehingga kedua bersaudaraini bertengkar. Hoori lalu pergi ke istana Kaijin (dewa laut) danmenemukan mata pancing Hoderi di sana. Sewaktu berada di sana, Hoorimenikah dengan putri dewa laut. Dari pernikahan ini lahir anaklaki-laki bernama Ugaya Fukiaezu. Putra keturunan Ugaya Fukiaezu yangbernama Kamuyamato Iwarehito nantinya menjadi Kaisar Jimmu.
Kaisar Jimmu
Kamuyamato Iwarehito dan kakak-kakaknya berkeinginan menguasai Yamato.Penduduk yang sejak dulu berdiam wilayah Yamato melawan dengan sekuattenaga, dan pertempuran sengit terjadi. Kesaktian Kamuyamato Iwarehikoyang masih keturunan dewa bukan tandingan bagi penduduk Yamato. Padaakhirnya, Kamuyamato Iwarehiko naik tahta sebagai kaisar di kaki gunungUnebikashihara no Miya. Kamuyamato Iwarehiko nantinya dikenal sebagai kaisar pertama Jepang Kaisar Jimmu.
Setelah Kaisar Jimmu wafat, pemberontakan dilancarkan putra Kaisar Jimmu yang bernama Tagishimimi. Pemberontakan ini berhasil dipadamkan Kamununakawamimi yang kemudian naik tahta sebagai Kaisar Suizei.
Kesshi Hachi-dai
Delapan kaisar, termasuk kaisar kedua Kaisar Suizei hingga kaisar ke-9 Kaisar Kaika disebut sebagai Kesshi Hachi-dai. Kedelapan nama kaisar tertulis dalam Kojiki dan Nihon-shoki, tapi tidak dijelaskan peran dan jasa-jasanya.