Seputar Penyakit Maag, Jangan Sepelekan Sakit Maag

Sering mengalami nyeri di ulu hati, mual dan kembung, lebih-lebihbila telat makan atau lagi banyak pe-er? Waspada, kemungkinan kaliantermasuk pengidap penyakit maag.? Kalo pertanyaan tentang penyakitmaag ini diajukan kepada kalian, sobat muda, wah kayaknya hampir semuatunjuk jari sebagai pengidapnya. Begitu pula bila ditanya siapa yangrajin gosok gigi eh rajin "telat makan" alias pola makan nggakteratur.? Dijamin, hampir tak ketinggalan untuk ikut angkat tangan.

Sobat muda, sakit maag, bukan penyakit yang asing bagi kita. Bahkandemikian akrab dengan kita, dan menjadi bagian dalam kehidupansehari-hari. Begitu juga dengan yang namanya obat maag, jadi temansetia kita kemana saja.

Tapi, apa kalian ingin terus berakrab-ria dengan penyakit ini? Tentunggak lah ya.? Masa' sih bersohib dengan penyakit, rugi dong. Nah,kalau kalian mau putus hubungan dengan sakit maag, kenali lebih dekatpenyakit ini, Oke?

Apa sih sakit maag itu?Sakit maag adalah nama akrab dari salah satu gangguan padasistem pencernaan kita.? Dalam dunia kesehatan, istilah yang dipakaiadalah ulkus peptikum (tukak peptik), yang bisa menyerang lambungmaupun duodenum. Lambung dan duodenum adalah bagian dari organpencernaan kita. Sebagaimana kalian ketahui, sistem pencernaan kitaterdiri dari bermacam-macam organ, yang dimulai dari mulut hingga anus.Lambung dan duodenum ini adalah tempat mencerna makanan tahap keduasetelah makanan dicerna di mulut kita. Gangguan or radang pada lambungdan duodenum ini juga disebut sebagai gastritis dari duodenitist.

Bagaimana terjadinya gangguan pada lambung/duodenum? Begini nihceritanya: Makanan yang masuk ke lambung akan dicerna secara kimiawidengan bantuan enzim pepsin dan renin serta asam lambung (HCl). Padaorang sehat, terdapat suatu keseimbangan antara enzim dan asam lambungdengan daya tahan mukosa lambung (lapisan lendir pada lambung). Artinyakeberadaan enzim dan asam lambung tidak menimbulkan gangguan padalapisan mukosa lambung. Mereka hidup bertetangga dengan baik, sehinggasuasana damai tercipta dalam rongga lambung. Bila terjadi gangguankeseimbangan, maka akan terjadi kerusakan pada mukosa yang menimbulkanrasa sakit (nyeri). Bila gangguan ini terjadi terus menerus, makaterjadi luka pada lapisan mukosa lambung.

Rasa nyeri ini disebabkan oleh rangsangan asam lambung terhadaplapisan mukosa lambung, sehingga ujung-ujung syaraf yang ada padanyalebih peka terhadap rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasanya dirasakan didaerah ulu hati dan terasa jelas sehingga bisa ditunjukkan dengan pastilokasinya. Kadang-kadang nyeri ini dirasakan di dinding dada depan ataubisa juga di punggung. Selain nyeri, rangsangan asam lambung tadi jugamengakibatkan munculnya rasa mual. Nyeri ini akan terasa saat lambungkosong dan hilang setelah diisi makanan.

Gejala khas pada gangguan di duodenum adalah nyeri pada malam hari.Tidak semua penderita sakit maag merasakan adanya keluhan sepertitersebut di atas. Ada juga yang tanpa gejala, tapi tiba-tiba terjadimuntah darah atau buang air besar dengan darah yang menghitam. Olehkarena itu perlu waspada setiap saat. Penyakit ini bisa menyerang siapasaja dan pada semua usia. Karena begitu sering terjadi, maka penyakitini termasuk salah satu masalah dalam bidang kesehatan.

Apa penyebab sakit maag?Ada beberapa hal yang menjadikan seseorang bisa terserang radang lambung, antara lain:

a. Pola makan

Orang yang memiliki pola makan tidak teratur mudah terserang penyakitini. Pada saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong, atau ditundapengisiannya, asam lambung akan "mencerna‚Ä? lapisan mukosa lambung,sehingga timbul rasa nyeri.

b. Jenis makanan

Makanan tertentu akan merangsang dinding lambung, sehingga terjadi radang/luka, seperti makan yang pedas atau asam.

c. Stres emosi

Produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stres, seperti bebankerja yang berlebihan, cemas, takut, atau diburu-buru. Kadar asamlambung yang meningkat ini akan menimbulkan ketaknyamanan pada lambung.

d. Pemakaian obat

Ada obat-obat tertentu yang merangsang dinding lambung, sehinggamenimbulkan gangguan keseimbangan dalam lambung. Oleh karena ituobat-obat tertentu, harus dikonsumsi sesudah makan. Beberapa diantaranya adalah obat penghilang rasa sakit dari golongan salisilat danasam mifenamat (misal aspirin, ponstan). Obat-obat rematik jugatermasuk di dalamnya.

e. Adanya penyakit seperti luka bakar, pembedahan gagal ginjal, dan lain-lain.

f. Alkohol dan rokok.

Bahaya yang mengancam

Banyak di atara kita yang menganggap sepele penyakit maag ini. Padahalbanyak ancaman serius di balik serangannya. Aktivitas jadi terganggulantaran nyeri, perih dan mual, adalah satu hal yang pasti. Nah, yangsering tidak disadari adalah akibat lebih lanjut dari penyakit ini.Jika dibiarkan saja tanpa pengobatan, maka radang akan semakin hebat,luka akan makin dalam, lambung akan berdarah. Gawat!

Adanya perdarahan di lambung ini ditandai dengan nyeri yang sangatdan disertai muntah darah atau buang air besar berupa darah yang sudahmenghitam. Bila dibiarkan terus maka lambung bisa bocor, luka akanmenembus dinding lambung sehingga lambungnya berlubang. Darah akanmasuk ke rongga perut dan mengakibatkan rasa nyeri yang sangat hebat.Keadaan ini bisa mengakibatkan kematian.

Ok deh sobat muda, ada baiknya kita waspada terhadap penyakit ini,juga penyakit-penyakit lainnya dong ya. Kalau kita sehat, maka segalaaktivitas akan dimungkinkan untuk dilakukan. Memang kesehatan bukansegala-galanya dalam hidup ini, namun memiliki segala-galanya kalaunggak sehat, jadi percuma, nggak bisa menikmatinya. Maka jangan lupapesan Nabi, "Bersegeralah beramal di masa sehatmu, sebelum datangmasa sakitmu". [arum]

posting form : http://obatherbal.wordpress.com/2008/03/14/mencegah-mengatasi-radang-lambungmaag-dengan-herbal .

by : nshobron2009

Lambungadalah salah satu bagian dari alat pencernaan, merupakan organ berototyang berongga dan mempunyai dua lubang, yatu satu lubang berupa pintumasuk dari esofagus dan satu lagi merupakan pintu keluar menuju ususkecil. Fungsi lambung antara lain yaitu untuk menyimpan makanan untuksementara, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuansekresi-sekresi lambung dan asam hidroklorida, dan mengkontraksimakanan ke dalam usus kecil.

Radanglambung, atau gastritis, atau lebih dikenal juga dengan penyakit maagmerupakan suatu gangguan pencernaan yang umum terjadi. Pada penyakitini terjadi suatu iritasi atau peradangan pada dinding mukosa lambungsehingga menjadi merah, bengkak, berdarah dan luka. Radang lambungdapat berupa serangan akut atau gangguan kronis. Serangan akut terjadimendadak misalnya setelah minum alkohol, kopi, makanan berbumbu banyakatau yang susah dicerna.

Pada umumnya radang lambung dapatdisebabkan oleh faktor-faktor berikut ini :Terlalu banyak makanan yangmengiritasi lambung, seperti yang pedas, asam, minumanberalkohol,obat-obatan seperti aspirin (dosis tinggi), kortison,kafein, kortikosteroid.adanya stress dan tekanan emosional yangberlebihan pada seseorang.Adanya asam lambung yang berlebihan.Waktumakan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makanberlebihanTertelannya substansi/zat yang korosif, seperti alkali, asamkuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.Infeksi bakteriGejaladari penyakit radang lambung umumnya, yaitu :Mual dan sering muntahagak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehinggamengakibatkan muntah darahperut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak(sebah) pada bagian atas perut.Napsu makan menurun drastis, wajahpucat, keringat dingin, pusing.Sering sendawa terutama bila dalamkeadaan laparSulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perutsebelah atas (ulu hati).Pada radang lambung kronis gejala yangditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidaktoleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yangakan hilang setelah makan.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah radang lambung, antara lain :

konsumsimakanan yang lunak/lembut.Hindari makanan yang mengiritasi lambung,seperti pedas, asam, alkohol, kafein, rokok, dan aspirin.janganterlambat makan atau makan berlebihan,makan sedikit-sedikit tapiseringUsahakan buang air besar secara teraturMengatasi Gangguan Lambungdengan Herbal/Tanaman ObatObat-obat gangguan lambung yang dijual bebasdi warung biasanya bersifat antacid yaitu menurunkan keasaman cairan dilambung dengan cara menaikan pH, sehingga untuk sementara gejala sakitakan hilang. Namun kesembuhan tersebut bersifat sementara karenalambung masih lemah akibat erosi, serta belum seimbangnya produksikelenjar-kelenjar lambung.

Tumbuhanobat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung ditujukanuntuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosalambung dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsikelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.

Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan gangguan lambung, diantaranya yaitu :

1. TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)

Khasiat:antiradang, antibakteri, memperbaiki pencernaan, melancarkan produksiempedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung &mengurangi gas perut.Dosis : 30 gram rimpang direbus, airnya diminum.

2. KUNYIT (Curcuma domestica Val.)

Khasiat /efek :antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehinggamengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.Dosis : 10-25gram rimpang kunyit, direbus, airnya diminum.

3. KENCUR (Kaempferia galanga L.)

Khasiat :antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan sebagaipenghangat badan.Dosis : 10-25 gram rimpang kencur, direbus, airnyadiminum.

4. KAPULAGA (Amomum cardamomum)

Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.Dosis : 3-5 buah direbus, airnya diminum.

5. DAUN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.)

Khasiat :antiradang, menguatkan lambung.Dosis : 10-15 gram kering atau 90-100gram segar daun yang telah dikupas kulitnya, direbus, diminum.

6. SAMBILOTO (Andrographis paniculata)

Khasiat/efek : antiradang, menghilangkan sakit, menghilangkan bengkakDosis : 9 -15 gram sambiloto kering, direbus, airnya diminum.

7. KULIT JERUK MANDARIN (Citrus nobilis)

Khasiat : untuk radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, muntah.Dosis : 3-10 gram kering, direbus, airnya diminum.

8. SEREH (Andropogon citratus)

Khasiat : untuk nyeri lambung, perut kebung, mual, dmn muntah.Dosis : 5-15 gram direbus, airnya diminum.

9. ADAS (Foeniculum vulgare)

Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.Dosis : 1-5 gram kering, direbus, airnya diminum.

Berikut contoh resep/ramuan herbal untuk mengatasi radang lambung :

-30 gram temu lawak + 25 gram kencur + 20 gram kunyit + 7 gram kulitjeruk mandari kering + 80 gram daun lidah buaya (dikupas kulitnya) + 1sendok teh adas + 5 butir kapulaga, semua bahan dicuci, temu lawak,kencur dan kunyit dipotong-potong, lalu semuanya direbus dengan 600 ccair hingga tersisa 200 cc, disaring, tambahkan madu, airnya diminum.Ampasnya dapat direbus untuk 1 kali perebusan kembali pada soreharinya. Lakukan secara teratur.

catatan : untuk perebusan gunakan periuk tanah atau panci enamel atau panci kaca/pyrex

(Sumber: Prof. Dr. hembing)