Kecewa Pelayanan PT. Master Web Network (MWN)

Huff Masterwebnet.... cape deh. sebenarnya tanggal expire hostingnya besok tapi sekarang sudah expire. di hub Technical Supportnya. katanya expire. lah kan besok mas. sekarang baru tanggal 14, dia paste 15/05/2008 kan lucu tuh, kalo memang sebulan lalu lh ko masih idup sampe hari ini?pusing saya dengan masterwebnet ini, dibilang saya tidak konfirmasi ke masterkey lagi... lha kalo ga konfirmasi mana bisa idup tuh webnya. ko berbelit2 yah. dah ah capek mendingan pindah hosting. dah sering dikecewakan. haram saya mau hosting lagi disana. dah mahal pelayanan payah... payah...

Dari hasil kata kunci "kapok masterwebnet" di google ternyata postingan saya #1 nah iseng liat2 hail pencarian lainya yang dikecewakan dengan MasterWebNet. nemulah postingan ini:
------------------------------------------------
Sekali lagi kami dikecewakan oleh pelayanan PT. Master Web Network(MWN), sebuah perusahaan web hosting yang katanya sebagai perusahaanweb hosting dengan Pelayanan Terbaik 2007 (Best Service 2007). NyatanyaPT. Master Web Network malah memberikan pelayanan yang sangat-sangatmengecewakan kepada kami.

Memang sih diawal-awal kami menggunakan pelayanan PT. Master WebNetwork di tahun 2006 kami merasa sangat puas, namun seiring perjalananwaktu, pelayanan PT. Master Web Network berubah menjadi pelayanan yang"menyedihkan". Berikut kronologi kejadian yang membuat kami kecewaterhadap MWN.

Diawali dengan kejadian lambatnya respon bagianbilling PT. Master Web Network dalam menanggapi pesanan domain kamihingga membuat domain pesanan kami tersebut diserobot pihak lainpadahal kami telah membayar lunas tagihan ketika status domain pesanankami itu di who.is masih berstatus "Available".

Pada kejadian ini kami berusaha memaafkan PT. Master Web Network karenaPT. Master Web Network telah mengakui kurang cekatannya dalam menanganipesanan domain dari kami dan kami sendiri tidak begitu dirugikankehilangan nama domain idaman kami. Kami lalu mengganti nama domainpesanan yang gagal dipesan dengan nama domain lain.

Setelah sempat beberapa waktu kami kembali puas dengan pelayanan MWN,pada tanggal 16 September 2007 kami kembali lagi dikecewakan PT. MasterWeb Network. Hal ini bermula dari niatan kami mengupgrade hosting webkami, RumahkuSurgaku.com, dari paket bisnis A ke paket bisnis B denganmasa kontrak enam bulan. Setelah kami melakukan pembayaran invoiceupgrade paket tanggal 13 September 2007, kami langsung melakukankonfirmasi pembayaran via web masterwebnet.com dan yahoo messenger (ym)billing MWN. Jawaban yang kami peroleh dari proses konfirmasi tersebuthanyalah ungkapan "proses konfirmasi sedang dilakukan, harap bersabar".Namun hingga hari Minggu tanggal 16 September 2007, proses upgradehosting domain kami ternyata belum juga diproses. Hari itu juga kamimengirimkan email keluhan mengenai lambatnya konfirmasi pembayaranupgrade ke pihak manajemen MWN. Baru pada tanggal 18 September 2007keluhan kami ditanggapi pihak manajemen MWN dengan mengupgrade pakethosting domain kami .

Sayang, lagi-lagi kami dibuat kecewa. Upgrade paket ke bisnis B yangkami anggap dapat meningkatkan jumlah space hosting dua kali lipatmalah membuat jumlah space hosting kami berkurang dua kali lipat.Lagi-lagi kami harus melakukan protes ke pihak MWN. Pihak MWNmenanggapinya dengan cepat, sehari setelah kami mengajukan protes, MWNmengupgrade space hosting sesuai harapan kami. MWN mengaku kejadiandi-downgradenya space hosting kami disebabkan oleh kesalahpahaman(Apakah seperti ini yg dimaksud "Best Service" ?? Membuat pelangganmenunggu hingga lima hari dan terjadi kesalahpahaman ??)

Masalah ternyata belum juga berakhir, beberapa kali server hostingRumahkuSurgaku.com down yang membuat member kami protes karenaRumahkuSurgaku.com tidak dapat diakses. Hal inilah yang membuat kamikehilangan kesabaran terhadap pelayanan PT. Master Web Network.

Akhirnya dengan berat hati kami terpaksa memutuskan untuk memindahkanname server hosting domain RumahkuSurgaku.com ke name server perusahaanweb hosting luar negeri. Akan tetapi, proses pemindahan name serverhosting tidak semudah yg kami kira, kami disyaratkan MWN untukmengirimkan surat pernyataan pindah server hosting ke kantor MWN diJakarta dengan dilengkapi KTP dan materai. Kamipun menuruti prosedurtsb karena tidak ada pilihan.

30 Nopember 2007, MWN menyerahkan userid dan password untuk memanagedomain kepada kami via email. Kami kemudian menggunakan userid danpassword yang diberikan tersebut guna memanage domain kami, namunternyata userid dan password kami tidak match. Kami gagal masuk kesistem pengelolaan domain. Sekali lagi kami harus protes ke MWN dandirespon dengan mengirimkan ulang userid dan password yang benar tigahari kemudian (untuk mengubah password butuh waktu tiga hari ???).Akhirnya kami dapat memindahkan name server RumahkuSurgaku.com keserver hosting kami di luar negeri dengan durasi satu tahun.

Didasari rasa kapok dengan pelayanan MWN, tanggal 10 Desember 2007,kami mulai memproses transfer domain RumahkuSurgaku.com ke perusahaanweb hosting lokal lainnya (Imediabiz). Imediabiz merespon permintaantransfer domain dengan cepat, hanya dalam hitungan jam kami telahdilayani. Kami pun mengira proses transfer domain telah berlangsungwajar.

Tanggal 16 Januari 2008, tiba-tiba muncul email tagihan dari MWN untukmemperpanjang domain dan informasi waktu expirednya domainRumahkuSurgaku.com. Kami kaget, bukankah kami telah memperpanjangdomain RumahkuSurgaku.com ke perusahaan lain dengan durasi satu tahun ?Iseng-iseng kami lalu membuka who.is dan mengetik RumahkuSurgaku.com,betapa terkejutnya kami tanggal expired RumahkuSurgaku.com tinggalbeberapa hari lagi. Kami lalu mengkonfirmasi ke Imediabiz. Imediabizkembali merespon keluhan kami dengan baik dan beberapa kali melakukantransfer domain. Namun setelah empat kali dicoba transfer, hasilnyaselalu error alias gagal. Imediabiz menyatakan domainRumahkuSurgaku.com telah dilock sehingga proses transfer domain tidakdapat dilakukan.

Lagi-lagi kami coba protes ke MWN via technical support dan mencariinformasi penyebab dilocknya domain kami. Technical Support MWN lalumenerangkan bahwa suatu domain otomatis dilock apabila domain baruterdaftar dan belum 60 hari atau telah terdaftar dan lebih dari 60 harinamun masa kedaluarsanya tinggal (expire) 30 hari lagi. Transfer domainhanya dapat dilakukan 30 hari sebelum masa domain tersebut expired.

Kami lalu disarankan untuk memperpanjang domain RumahkuSurgaku.com duludi MWN lalu mentransfernya bila masih ingin mentransfer ke perusahaanweb hosting lainnya.

Kami terus terang merasa sangat kecewa karena syarat/ketentuan transferdomain tersebut tidak pernah diungkapkan kepada kami sebelumnya. Toh,kami sebenarnya telah memproses transfer domain via Imediabiz padatanggal 10 Desember 2007 atau 42 hari sebelum masa domain kami expirenamun gagal.

Melihat waktu yang expire domain kami yang tinggal 5 hari ini, kamilagi-lagi tidak ada pilihan untuk tidak memperpanjang domain kami diMWN. Kami terpaksa kembali memperpanjang domain kami di MWN daripadakami kehilangan nama domain kami. Semoga saja, ini transaksi terakhirkami dengan MWN. Kami lelah menjadi pelanggan perusahaan web hostingdengan predikat "Best Service 2007" (katanya) ini.

Bagi para pembaca, kami sarankan hati-hati bertransaksi dengan PT.Master Web Network (MWN) yang mengklaim dirinya pernah mendapatpredikat Ranking No. 1 Perusahaan Web Hosting di Indonesia oleh lembagasitus portal riset statistik terbesar (Webhosting.Info).

Kurniawan SubiantoroFounder&Owner RumahkuSurgaku.comHeadEnd TelkomVision CibinongKomplek Stasiun Pengendali Utama Satelit PT TelkomJl Raya Narogong KM 26,5 Klapanunggal Bogor - Jawa Barat