Hati-hati dengan vTube, Analisa Website Mencurigakan

Saya sudah sering melihat di facebook dan grup whatsapp yang share atau post ajakan gabung dengan vTube. Karena mencurigakan dan gak meyakinkan saya tidak gubris. Sampai ada teman saya yang menawarkan baru membuat saya harus menelitinya, karena semoga ini bisa menjadi pelajaran dan setidaknya menolong teman dari hal yang merugikan kalau tidak bisa dibilang penipuan.

Pertama tentu saya cek berita tentang vTube di website portal nasional dan terpercaya. Saya menemukan vTube masukSatuan tugas (Satgas) waspada investasi menemukan dan menutup 99 penawaran investasi bodong, walau in tidak termasuk investasi menurut saya. Ini hanya lebih ke mengumpulkan data dan apalagi kalau bukan jaringan, sistemnya ajakan. mengajak sebanyak-banyaknya orang bergabung. Hal pertama yang dilakukan ya harus hati-hati, kritis dan cari tau.

Sebenarnya hal yang paling tidak masuk akal adalah soal sistem bisnisnya. Cara kerja iklan atau algoritma iklan tidak begitu. Lihatlah Google Adwors, FB Ads, Instagram ADS, dll. Algoritma nya adalah menemukan orang yang potensial, suka, butuh dan hobi dengan iklan yang sesuai, sehingga banyak terjadi transaksi/closing atau disebut juga konversi. Iklan yang ditampilkan cocok dengan target iklan dan akan membuat iklan di klik dan orang MEMBELI. Ada transaksi, itulah tujuan iklan. Untuk apa kita bayar pasang iklan di vTube kalau yang lihat adalah orang bayaran semua? orang yang nonton 'terpaksa' dia tidak peduli iklan yg ditontonnya. Belum lagi di play tapi entah di lihat atau gak, jangan2 di play lalu ditinggal hahahaha. Boncos lah yg pasang iklan nya.

Sekarang gini anda penjual, pengusaha, punya produk, mau pasang iklan di vTube? iklan anda dilihat banyak orang tapi tidak ada yang beli, mau? Itulah kenapa saya tidak terlalu peduli dengan vTube ini sejak awal. Karena waktu akan membunuhnya. Yang nonton banyak yang mau pasang iklan yang tidak ada. Coba tanya ke anak marketing mau gak bayar pasang iklan banyak ditonton orang bayaran. PASTI TIDAK MAU. ini melawan konsep dasar marketing.

Tapi sudahlah tidak akan bisa dengan hal diatas menasehati orang, sekarang saya akan tampilkan hasil analisa sendiri. Yang bisa di cek sendiri. Semoga kuota yang habis nonton iklan setidaknya bisa sebanding dengan penghasilan. Kalau waktu habis, batrai habis dan kuota habis pendapatan gak memadai saran saya tinggalkan saja.

Coba kita cek webnya.

Pertama website nya. Kalau memang vTube ini serius dan profesional pasti punya website yang bagus, jelas dan ada profil perusahannya. Kalau kita ketik vTube di google maka halaman pertama hampir semua itu berita buruk hahaha. hanya ada 1 link ke apps nya di google play. :p

Kedua domain resminya tidak ada, atau tidak jelas. saya coba cek nama domain id untuk vtube hanya vtube.id dan vtube.my.id yang sudah ada, saya berharap oh mungkin domain .id ini website resminya, setelah saya buka apa isinya? link ke WhatsApp dan ada short url info lanjut ke bitly saya coba cek masuk ke url eh lari lagi ke website gratis google https://sites.google.com dan di header web tertulis namaPutri Quinzia Ilmia Syifa, saya ngakak sudah pasti ini bukan website resmi lol. apalagi tampilan dan di bagian bawah ada foto selfie alay :p

Saya tidak coba buka yang vtube.my.id karena sudah pasti ini domain untuk umum. Tidak ada perusahaan pakai domain ini.

Ya sudah saya coba buka website nama perusahaannya,FutureViewTech (FVTech). domainnya pakai fvtech.id saya coba buka, tadaaa kena block Internet Positif :D hahahaha ada-ada saja. Pupus harapan. Tapi saya cek di hasil pencarian google isi webnyafvtech.id penuh dummy content. Jadi kayak template tapi gak/belum di edit, banyak lorem ipsumnya(dummy text).

Lanjut saya coba domain Internasional ada domain vtube.co dan vtube.tech saya berharap mendapatkan hal bagus. Tapi domain vtube.co ternyata isinya wordpress pakai template one page, web 1 halaman. Link media sosialnya kosong, Tidak ada informasi perusahaan disini. Yang lebih lucu di klik menu store(template tidak di edit kok ada menu store) isinya dummy content lagi. jualan baju/fashion. Kelihatan sekali websitenya tidak diurus/tidak serius.

Saya coba yang vtube.tech walah ini kayak hampir sama, websitenya pakai Joomla dan isinya juga tidak meyakinkan, ada hal aneh. saya heran kok dia tulis JOINT ya, apa maksudnya JOIN? typo atau bagaimana soalnya kalau JOINT kan bersama artinya :p selain itu menunya cuma 2, menu dan joint tadi :p Dan saya juga tidak menemukan informasi apa-apa disini. oh iya semua website diatas juga tidak pakai SSL.

Saya coba informasi dari tempat lain seperti quora saya mendapatkan hal yang sama, mencurigakan dan tidak jelas

Akhir kata apapun hal cobalah untuk diteliti dulu, bisa saja suatu hal tidak menipu kita tapi merugikan kita. Saran saya tetap percayai hal yang sudah pasti dan jelas badan hukumnya. Jelas sistemnya. Semoga membantu