Kebencian membuat Orang Pintar Jadi Bodoh

Eneg sekali saya melihat orang-orang yang pintar, cerdas, lulusan universitas terkenal, ahli it, tokoh it nasional bahkan ceo yang di share KataKita, Seword, Abu Janda atau Denny Siregar. Bayangkan orang yang intelektualnya tinggi dan faham it membagikan konten yang dibuat orang yang jauh dibawahnya dari segi apapaun apalagi intelektualnya.

Orang awam biasa yang menshare hal-hal tidak bermanfaat dan berisi kebencian/hoax bisa kita maklumi, mungkin dia gaptek atau pendidikannya rendah, intelektualnya rendah atau faktor lain, misal berteman dengan anonim/tukang hoax/pedagang kebencian, sehingga setiap hari yang lihat/baca hanya itu, jadi asupan setiap hari. dan membuat batas fakta dan hoax jadi kabur.

Tapi ini ada ahli it nasional, tinggal di ibukota, internet cepat, bahkan bisa jadi kenal dengan berbagai redaksi media nasional. Membuat status atau share dari pedagang kebencian dan hoax. Apa susah baca media nasional, cari tau, verifikasi sebelum buat status atau share. Ini bukan soal malas, tapi kebencian sudah merasuki hati.

Oh saya kritik anies, ok kritik. hal yang persis sama dengan gubernur sebelumnya kok tidak di kritik juga? sudahlah gak usah ngeles, stop share atau buat status tentang hal yang bukan ranah kita apalagi tanpa verifikasi dulu. Bagi saya konsekuensi mengkritik adalah jika salah di kritik, tapi kalau benar/bagus di apresiasi. nah kalau hanya salah saja yang di kritik, berarti ada yang salah dengan kita. Kalau ahli it ya seharusnya share hal it yang bermanfaat, teknologi baru, security, tutorial, tips dll. jangan malah ikut jadi pasarnya pedagang kebencian dan hoax.

Surat Al-Ma'idah Ayat 8

Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.