Setting SMS Gateway Gammu di Windows 10 "pain in the ass"

Kalau mau setting SMS di Windows 7 sangat mudah sekali dan tidak ada masalah aneh-aneh. Seiring perkembangan zaman pc sekarang tidak bisa lagi di install OS lawas karena terkenadala dukungan driver. Akhirnya saya coba setting SMS Gateway Gammu di

Windows 10

dan benar saja banyak masalah yang membuat sakit kepala.

Masalah pertama kompatibelitas driver modemnya. Saya pakai modem Wavecom Fastrack setelah lama browsing sana sini ternya versi driverProlific USB-to-Serial untuk windows 10 yang jalan hanya versi3.3.2.102. Biasanya akan muncul tanda seru di port dengan kode error 10. yang bermasalah ini silahkan ke sini

Masalah kedua biasanya masalah basis windowsnya 32 bit atau 64 bit. Tipsnya kalau mau pakai 32 bit maka usahakan semua pakai 32 bit juga misal ODBC, gammu, aplikasi dll. Karena kalau beda nanti akan ada masalah komunikasi antara aplikasi 32 bit ke 64 bit atau sebaliknya.

Masalah ketiga update driver otomatis, ini benar-benar membuat saya stress. Karena awalnya aman saja lancar eh ketika saat lain error. Memakan waktu lama mencari akal masalhnya, ternyata karena driver modem di update otomatis sama windows yang otomatis juga membuat modem gak konek. Karena driver yg kompatibel hanya driver tertentu. Solusinya matikan fitur ini, saya sampai membuat postingCara Mencegah Windows 10 Mengupdate Suatu Driver Secara Otomatis.

Masalah keempat, 1 baris yang membuat pusing. ini soal setting Gammu di file gammu/bin/smsdrc, solusi jangan lupa membuat sql = mysql.

berikut setting smsdrc saya:

[gammu]
device = com3:
connection = at115200

[smsd]
service = sql
PIN = 1234
driver = odbc
host = <nama_odbc>
user = <user_db>
password =<pass_db>
database = <nama_db_kamu>

LogFile = C:gammugammu.log (dimana log akan disimpan)
sql = mysql

commtimeout = 30
sendtimeout = 30
debuglevel = 1(1-255 semakin tinggi semakin detail lognya)

Masalah kelima, ini yang baru saja saya alami. Tiba-tiba driver modem error lagi tapi kode errornya 52. Yang artinya driver gak lolos pemeriksaan windows jadi di blok. hoalah masalah apalagi ini. setelah saya browsing harus dimatikan fitur ini, dan mematikannya harus restart pula, alamak. cek disini.

Sebenarnya banyak masalah lain tapi masalah diatas yang paling pelik dan sedikit informasinya di internet. Silahkan googling cara install sms gateway gammu windows 10 hasilnya gak seberapa beda dengan windows 7, full.