The Raid 2: Berandal segera dirilis 2013

Proses penggarapan sekuel film laga The Raidberjudul Berandal segera masuk tahapan produksi. Film yang rencananya tayang tahun depan ini sedang audisi mencari petarung. Ini tak sembarangan akting, karena para petarung (fighter) harus memiliki bekal beladiri yang mumpuni.

Ingin mengulang sukses film The Raid yang penuh aksi laga dan diakui oleh sineas dunia, para fighteryang ingin ikut berlaga bersama aktor Iko Uwais harus melampirkan keahlian beladiri dalam video.

"Casting fighters untuk film Berandal hanya untuk laki-laki usia 18 tahun ke atas. Kondisi fit bugar. Dan harus melampirkan video keahlian beladiri, ujar Hesti Purwaningsih, Koordinator Produksi dari Merantau Film.

Hesti menyatakan, saringan awal untuk fighter memang cukup ketat, pasalnya, pada film garapan sutradara Gareth Evans ini banyak laga dan koreografi yang menuntut keahlian pukul dan tendang. "Semua jenis beladiri, seperti silat, karate, judo atau bahkan kickboxing, kata Hesti.

Pemeran utama Berandal masih akan dipercayakan kepada Iko Uwais. Sedikit bocoran dari sang sutradara, untuk film Berandal dia telah menyiapkan pemeran wanita yang akan mahir beradu keahlian pukul dan tendang. Secara garis besar film Berandal berkisah tentang seorang pemuda bernama Rama (Iko Uwais) yang terjebak di dunia gangster. Trailer film Berandal sudah bisa dinikmati selama 20 detik.

Arifin ikut dalam The Raid 2: Berandal

Selain Iko Uwais, Donny Alamsyah, dan Yayan Ruhiyan, film kedua The Raid itu juga menggandeng lebih banyak aktor Indonesia lainnya. Salah satunya, Arifin Putra yang selama ini lebih banyak bermain film drama.

Ia mengaku tak punya keahlian bela diri untuk berperan dalam film ini. Namun, Arifin Putra tak ragu berlatih fisik secara serius. "Ada perjanjian, asisten sutradaranya bilang, tidak luka uang kembali. Akhirnya uang aku nggak jadi kembali karena pasti luka," ceritanya sambil bercanda, saat ditemui di kantor Merantau Films, kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Desember 2012.

Beberapa bagian tubuhnya yang benar-benar mengalami luka saat latihan, antara lain mata, tangan, dan kaki yang semuanya lecet. Selain itu, Putra juga sempat merasa nyeri karena otot dan uratnya tertarik semua.

Meski begitu, ia mengakui pelatih adegan fisik untuk film The Raid 2: Berandal sangat profesional. "Kami banyak belajar jatuh yang baik dan aman seperti apa," katanya melanjutkan.

Selain berlatih bela diri, ia juga dituntut menjaga stamina fisiknya. Setiap latihan, Arifin harus berlari naik turun tangga sebanyak empat lantai. "Pokoknya film ini persiapannya nggak main-main," komentarnya meyakinkan.

Bintang film Merah Putih 3 itu mengakui, sebenarnya telah dilamar Merantau Films bahkan sejak sebelum The Raid dirilis awal 2012 lalu. Tiga tahun sebelumnya, Arifin Putra sudah mengetahui dirinya akan main film aksi. Namun karena The Raid didahulukan, ia baru terlibat sekarang.Tak memungkiri, dirinya paham masa depan kariernya akan semakin cemerlang di mata dunia setelah memainkan The Raid 2: Berandal nanti. Namun, ia justru tak ingin berharap muluk-muluk.

"Aku berikan yang terbaik saja di film ini. Kalau nanti memang jadi sukses di dunia internasional dianggap sebagai bonus saja," katanya santai.

Yang jelas, ia menjanjikan film hebat untuk penggemar The Raid. "Kalau The Raid kayak rollercoaster, emosinya naik turun, ini lebih banyak dramanya," katanya membocorkan.