Hal Pertama yang dilakukan setelah membeli Handphone Android Baru, Install Aplikasi Anti Maling

Yang baru saja membeli hp/handphone os android baru biasanya tak akan memikirkan untuk mengamankan hp nya. Yang terfikir pertama biasanya media sosial apa saja yang akan di install, dan themes/layout apa yang bagus, wallpaper foto selfie terbaik dst. Padahal ini sangat berguna apalagi hp mahal. Langkah ini hanya 1 kali dan lupakan. Tapi sering kita lupa. untuk pengguna iOS iphone tak perlu khawatir iphone tidak bisa bekerja jika tidak bisa konek ke cloud apple. wajib. kalau android masih pilihan mau konek atau tidak.

Langkah pengamanan ini adalah antisipasi dikemudian hari jka hp kita hilang. atau minimal ketinggalan/lupa taruh dimana. Tapi yang terpenting sebenarnya untuk menjaga data yang ada di dalamnya. Karena biasanya yang mahal itu datanya bukan hpnya. :D

Entah sudah berapa kali teman mengeluh handphonenya hilang, bahkan saya sendiri mengalaminya. Karena sudah mengantisipasi dari awal saya lebih mudah melacak hp dan mencari tau siapa yang mencuri/siapa yang membeli hp saya yang hilang. Walau akhirnya saya mengikhlaskannya. :p

Ada 3 jenis pengamanan hp android:

  1. Aplikasi Bawaan Google
  2. Aplikasi Anti Theft
  3. Aplikasi Bawaan Produsen HP

dan yang paling aman berdasarkan pengalaman menggunakan aplikasi bawaan produsen hp. Selain dapat space auto backup gratis tentunya. Saya menggunakan ketiga metodenya.

Untuk kasus saya yang menggunakan hp xiaomi maka saya mengkoneksikan hp xiaomi saya ke cloud xiaomi. Dan dalam cloud ini salah satu fasilitasnya adalah fitur hp hilang.

Mengapa saya mengatakan Aplikasi Bawaan Produsen HP dalam hal ini koneksi ke cloud sebagai yang terbaik?

  • Tidak bisa di uninstall/disconnect
    ini yang paling penting karena poin 1 dan 2 biasanya bisa di uninstall atau di reset. Koneksi hp ke cloud tidak bisa diputuskan tanpa password. kembali lagi jangan buat password yang mudah ditebak. Dengan tidak bisa disconnect dari cloud tanpa password maka hp kita yang hilang akan terus bisa kita deteksi, posisinya, profil pemakainya dan nomor hpnya. Bahkan kalau pengguna hp kita tidak jeli dia akan mengganti foto profilnya. Berarti kita sudah dapat semua info penting tentang pemegang hp kita. Tinggal kita mau cari atau mengikhlaskan.
  • Tidak butuh koneksi internet
    Walau hp kita tidak konek ke internet kita masih bisa mengendalikan dengan SMS
  • Aman dari reset pabrik
    Walau hp kita sudah direset sehingga kembali fresh seperti pertama kali dibeli, tapi koneksi ke cloud akan tetap ada.
  • Bisa mengendalikan hp dengan SMS
    dengan format tertentu kita bisa mengendalikan hp kita dengan SMS, misal mengunci, membunyikan alarm dan menghapus data.

Aplikasi bawaan google
Find My Device sebaiknya di aktifkan dan diberi akses di device administrator. Dengan ini kita bisa melacak hp yang hilang jika internet dan GPS aktif.

Aplikasi Anti Theft
Banyak sekali aplikasi anti maling yang bagus. saya sarankan Avast Anti-Theft karena sudah pernah saya pakai dan lumayan bagus. Aplikasi lainnya seperti

Aplikasi Bawaan Produsen HP
masing-masing produsen hp biasanya punya aplikasi sendiri seperti xiaomi, samsung, htc, sony dll. Silahkan konek kan hp kamu ke cloud produsen hp mu.